Cara menulis artikel (postingan) baru di blog untuk pemula

Cara menulis artikel (postingan) baru di blog untuk pemula

Cara menulis artikel (postingan) baru di blog untuk pemula
Tuesday, November 10, 2020
 

Salah satu aktivitas blogger setelah membuat blog adalah memelihara blognya dengan cara mengisi blognya dengan artikel, artinya blogger akan terus disibukan oleh aktivitas tulis menulis artikel hingga artikel postingannya berjumlah banyak.

Menulis artikel di blog sangatlah mudah, sama halnya seperti anda mengetik di ms word dan fitur editornya pun cukup lengkap, anda bisa memasukan gambar, membuat link (tulisan biru) yang bisa diklik, memilih format dan jenis tulisan dan sebagainya.

Tapi anda mungkin saja akan mengalami kesulitan bagaimana cara menambahkan tulisan di blog untuk pertama kali, apalagi anda merupakan blogger pemula yang baru membuat blog dan baru pertama kali berkecimpung di dunia blog.

cara menulis artikel di blogspot


Perlu anda ketahui, untuk membuat tulisan atau menerbitkan tulisan di blogger atau posting, ada beberapa alternatif yang bisa anda pilih, bisa menggunakan komputer juga bisa menggunakan perangkat hp android.

Cara yang paling efektif adalah menulis langsung di editor artikel blog lewat komputer, dengan catatan komputer anda sudah terhubung ke jaringan internet.

Namun sebagai pilihan jika anda tidak memiliki komputer atau anda sedang tidak didepan komputer, anda juga bisa menggunakan perangkat hp android, karena saat ini blog terutama blog berflatform blogspot selain berbasis web, juga sudah tersedia untuk android, sehingga anda bisa mengelola blog anda terutama mengisi tulisan melalui hp android anda.

1. Cara Menulis artikel di blog melalui Komputer.

Untuk menulis artikel di blog melalui komputer, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka situs blogger.com, lalu silahkan login jika belum.

2. Setelah masuk, pada bilah menu sisi kiri, pilih menu Posts / postingan, lalu klik tombol Entry post

Membuat postingan gi blog

Maka anda akan masuk ke halaman editor artikel, seperti gambar di bawah ini:

Tampilannya tidak jauh berbeda dengan microsoft word, dengan beberapa fasilitas yang siap digunakan.
Keterangan gambar di atas adalah sebagai berikut:
No 1. Untuk Judul postingan, silahkan masukan judul artikel yang akan anda buat di sini.
No 2. Tool Editor, ini untuk membantu anda melengkapi artikel postingan anda, anda bisa menambahkan gambar, memasang video, link, memformat tulisan (tebal, miring, garis bawah), mengatur heading tulisan agar nampak besar, memilik font dan lain sebagainya.
No 3. Untuk menulis isi postingan, silahkan ketikan isi artikel yang akan anda tulis di area ini,
No 4. Pengaturan postingan,
  • Label: silahkan klik pada tulisan label, lalu ketikan nama kategori untuk postingan anda, misalnya blogging, kesehatan, resep dan lain sebagainya sesuai dengan kategori postingan yang anda buat. 
  • Schedule :, Anda juga bisa mengatur penjadwalan jika diinginkan, kapan artikel anda harus diterbitkan
  • Permalink: ini untuk alamat url postingan anda, biarkan saja otomatis, atau anda juga bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan,
  • Location: untuk menentukan/ memilih lokasi
  • Options: opsi-opsi lainnya, biarkan saja jika tidak diperlukan
No 5. Tombol postingan,
  • Tekan tombol Publish, jika artikel yang anda tulis sudah selesai seluruhnya, agar artikel anda bisa ditemukan dan dibaca orang lain.
  • Tekan tombol Save / simpan, untuk menyimpan draft artikel anda jika artikel anda belum selesai seluruhnya dan anda ingin menyelesaikannya di lain waktu.
  • Tekan tombol Preview, untuk melihat tampilan artikel anda ketika nanti sudah dipublish.

 2. Cara menulis artikel postingan blog menggunakan hp android

Menulis artikel menurut saya lebih enak di depan komputer karena memiliki layar yang cukup lebar dan lebih leluasa, namun untuk anda yang kebetulan tidak memiliki komputer, pc atau laptop, lantas ingin memiliki blog anda juga bisa memanfaatkan perangkat hp android anda.

Saat ini blog berflatform blogspot sudah menyediakan versi mobile yang dapat memudahkan anda untuk menulis artikel lewat hp atau perangkat smartphone.

Langkah-langkah untuk menulis artikel postingan blog melalui hp adalah sebagai berikut:

1. Pastikan anda memiliki hp android

2. Silahkan pasang aplikasi blogger untuk mobile di hp android anda, anda bisa dapatkan melalui google playstore.



3. Silahkan buka aplikasi blogger, lalu login menggunakan email gmail dan juga password blogspot anda.
Dengan aplikasi blogger anda juga bisa menulis artikel postingan blog anda dengan menggunakan hp. Aplikasi ini cukup membantu manakala anda ingin menulis artikel postingan sementara anda tidak sedang di depan komputer.


sumber : blog strukturkode


 
Cara menulis artikel (postingan) baru di blog untuk pemula
4/ 5
Oleh