Soal PAT Online Kelas 6 Tema 6, 7, 8, 9

Soal PAT Online Kelas 6 Tema 6, 7, 8, 9

Soal PAT Online Kelas 6 Tema 6, 7, 8, 9
Tuesday, November 10, 2020

 


PAT atau penilaian akhir tahun adalah kegiatan rutin yang kita laksanakan tiap akhir tahun pelajaran. Tujuannya untuk mengukur sejauh mana ketuntasan siswa dalam menguasai kompetensi yang sudah Bapak/Ibu ajarkan. PAT yang umum dilakukan di tingkat SD adalah berbasis kertas (ujian tulis).

Andai saat ini dunia sedang baik-baik saja, kita pasti sedang mengajar tema-tema terakhir, sekaligus menyiapkan anak-anak menghadapi PAT. Tapi apa yang terjadi saat ini sungguh di luar perkiraan semua orang. Wabah Covid-19 masih terjadi dan mengharuskan kita para guru untuk bekerja dari rumah, dan siswa belajar dari rumah.

Sehingga yang bisa kita lakukan sekarang adalah memberikan tugas terstruktur kepada siswa, atau melakukan pembelajaran secara daring (online). Apa yang Bapak/Ibu pilih untuk mengisi kegiatan siswa selama belajar dari rumah?

Untuk kegiatan PAT/UKK sendiri, Kemdikbud sudah mengeluarkan edaran untuk meniadakan PAT/UKK, jika kegiatan tersebut dilakukan dengan mengumpulkan siswa di sekolah. Jadi jika menghendaki penilaian secara daring, maka itu masih bisa dilakukan. Tentu saja dengan syarat menyesuaikan kondisi dan situasi daerah masing-masing

Baiklah, berikut ini saya ingin membagikan soal latihan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk Kelas 6 Tema 6, 7, 8, 9 yang bisa dikerjakan dengan dua cara, yaitu secara online (Google Form) dan offline (file PDF). Jadi silahkan memilih mana yang sesuai dengan situasi sekolah Bapak/Ibu semuanya.

Soal PAT/UKK Online Kelas 6 Tahun 2020

soal pat online kelas 6
  1. Soal PAT Tema 6 (Link : https://bit.ly/soalpatkelas6tema6)
  2. Soal PAT Tema 7 (Link : https://bit.ly/soalpatkelas6tema7)
  3. Soal PAT Tema 8 (Link : on process)
  4. Soal PAT Tema 9 (Link : on process)

Kata kunci/password : 123456

Soal PAT Kelas 6 Tahun 2020 PDF

soal pat kelas 6 pdf
  1. Soal PAT Tema 6 (Download)
  2. Soal PAT Tema 7 (Download)
  3. Soal PAT Tema 8 (on process)
  4. Soal PAT Tema 9 (on process)

Kata kunci/password : panduanmengajar

Baik soal yang berupa Google Form dan PDF di atas untuk masing-masing tema isinya sama. Seluruh soal berbentuk pilihan ganda berjumlah 50 soal. Setiap muatan (PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP) masing-masing berjumlah 10 soal.

Mengapa pilihan ganda semua?

Ini untuk memudahkan siswa, agar begitu mereka menyelesaikan soal secara online, skor/nilai bisa langsung dilihat dan disampaikan kepada Bapak/Ibu sekalian untuk direkap. Berbeda jika harus menggunakan soal isian dan essay, maka perlu koreksi dari Bapak/Ibu semua sebelum hasilnya disampaikan ke anak-anak.

Baiklah, jika dirasa bermanfaat, soal-soal di atas bisa dibagikan ke anak-anak melalui grup whatsapp atau media lain. Tak lupa kita semua tentu berdoa agar pandemi ini segera berakhir sehingga siswa bisa belajar di sekolah seperti sediakala. Amiin.

Sumber: Soal PAT Kelas 6 SD DKI Jakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 dan sumber-sumber lainnya.

Soal PAT Online Kelas 6 Tema 6, 7, 8, 9
4/ 5
Oleh